Friday 24 March 2017

Pandangan alm. KH A hasyim Muzadi terhadap Gusdur

Pemikiran Gus Dur Dalam Pandangan KH. A. Hasyim Muzadi

1. Pertama kali saya ketemu Gus Dur tahun 1979 di Muktamar NU Semarang ( Muktamar NU ke 26) dan ketika itu Gus Dur belum masuk di pengurus NU sedangkan saya sudah mewakili utusan NU Cabang Malang. Didalam muktamar ke 26 Itu Gus Dur diangkat menjadi wakil katib PBNU.
Setelah pertemuan di Semarang sangat sering Gus Dur ke Jawa Timur, karena memang Jawa timur adalah pusat potensi NU dan sering juga menginap di Malang karena Gus Dur mengajar Islamologi di Yayasan Kristen GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) yang berlokasi di Sukun Kota Malang.
Saya mendampingi dan mengikuti Gus Dur selama 20 tahun penuh mulai tahun 1979-1999 ketika Gus Dur menjadi Presiden Republik Indonesia.
Setelah menjadi Presiden RI Gus Dur Fokus memimpin PKB dan saya menjadi Ketua Umum PBNU di Muktamar Lirboyo (Muktamar NU ke 30). Dalam waktu 20 tahun saya mengikuti betul jalan pikiran Gus Dur baik masalah ke-Nu-an, Keislaman Indonesia, Keislaman Global dan situasi politik Internasional.

Gus dur
Gusdur, image by santrigusdur.com


2. Menurut pandangan saya di dalam membawakan islam baik di indonesia maupun di dunia, Gus Dur lebih mengetengahkan pendekatan filosofi religius, etika religi, kemanusiaan (Humanity) dan budaya.
Sedikit saja Gus Dur menggunakan ilmu fiqih sebagai bagian dari syariat, karena yang diketengahkan bukan legal syariatnya tetapi hikmatutasyri’nya dan maqoshiduttasyri’nya.
Dalam pendekatan etika religi Gus Dur sangat egaliter menempatkan manusia dalam posisi yang setara, terlepas dari agama yang dipeluknya. Sehingga hubungan etis ini menjadi sangat cair antara Gus Dur yang muslim dan non muslim bahkan yang atheis sekalipun.
Dalam hal pendekatan kemanusiaan Gus Dur sangat mementingkan martabat dan kebutuhan asasi dari manusia itu sendiri, sebagai bentuk dari kasih sayang Allah kepada seluruh mahluknya.
Dalam hal ini kemanusiaan diletakkan pada rahmaniah Allah sedangkan rahimiah Allah dikhususkan untuk kaum muslimin di Akherat. Sedangkan pandangan Gus Dur terhadap budaya dapat dikatakan sebagai wujud kongkrit dari filosofi, etika dan kemanusiaan itu sendiri.

3. Dari pola pemikiran dan pandangan keagamaan/keislaman seperti ini, pastilah akan membuat mayoritas umat islam di indonesia menjadi kaget dan terheran-heran. Karena mainstream umat islam di indonesia bertumpu kepada masalah tauhid dan masalah fiqih yang hitam putih. Apalagi buat mayoritas umat islam Indonesia yang suka bertengkar di bidang furu’ akan semakin sulit memahami pola pikiran Gus Dur.
Ditambah lagi semenjak tahun 2002 (pasca reformasi) banyak aliran keras yang tidak hanya bertikai sesama islam tetapi merembet kepada saling membid’ahkan dan saling mengkafirkan. Dalam fenomena ini akan semakin jauh jarak pandangannya.
Tidak heran kalau kemudian secara parsial ada umat islam yang mengatakan bahwa Gus Dur sesat karena memang berbeda cara pandangnya. Gus
Dur tidak pernah merasa keberatan apa-apa untuk dikatakan sesat, karena Gus Dur sangat mengetahui hal tesebut berangkat dari pemikiran legal formal yang hitam putih. Tetap saja Gus Dur bersilaturahmi kepada semua pihak bahkan tokoh tokoh yang tidak setuju pendaptnya, karena menurut gus dur sendiri kelompok yang tidak setuju merupakan sesuatu yang logis saja sebagai akibat dari sistem pemikiran.

-Berkomentarlah seputar konten yang di atas.
-jangan menyimpan link aktif.
-saya sangat menghargai kritik dan saran dari kalian, jadi berbahasalah dengan sopan.
EmoticonEmoticon